Mengenal istilah Orang Tanpa Gejala (OTG)


Pernah kah kalian Mendengar Istilah OTG? OTG akronim dari "Orang Tanpa Gejala". OTG adalah seseorang yang tidak bergejala dan memiliki risiko telah tertular dari orang konfirmasi Covid-19 serta dapat menularkan virus Covid-19 kepada orang sekitarnya. OTG ini memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi atau pasien positif Covid-19.

Kontak erat di sini bisa dipahami sebagai aktivitas berupa kontak fisik atau berada dalam ruangan atau berkunjung dalam radius 1 meter dengan pasien berstatus pasien dalam pemantauan (PDP) atau positif Covid-19, dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala hingga 14 hari setelah kasus timbul gejala.

Siapa saja yang rentan menjadi OTG: 
1. Petugas kesehatan.
 Petugas kesehatan yang memeriksa, merawat, mengantar dan membersihkan ruangan di tempat perawatan kasus tanpa menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai standar. 

2. Orang dalam satu ruangan.
 Orang yang berada dalam suatu ruangan yang sama dengan pasien virus corona, termasuk tempat kerja, kelas, rumah, acara besar dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala dan hingga 14 hari setelah kasus timbul gejala. Jadi Gejala Virus Corona, Ini yang Harus Diwaspadai 

3. Orang yang bepergian bersama. 
Orang yang bepergian bersama (radius 1 meter) dengan segala jenis alat angkut atau kendaraan dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala dan hingga 14 hari setelah kasus timbul gejala.

Oleh sebab itu, Jika kita dalam keramaian tentu saja kita tidak dapat membedakan orang itu OTG atau tidak. secara visual tidak ada bedanya OTG dengan orang sehat pada umumnya. Makanya kita dianjurkan untuk menghindari Keramaian, jaga Jarak, memakai masker, cuci tangan dan tetap di rumah. Ini juga alasannya mengapa orang yang pernah berkunjung di daerah zona merah atau berasal dari zona merah harus melakukan isolasi mandiri. Tentu saja Tujuannya agar ia tidak menularkan virus Covid 19 kepada orang sekitarnya.
Semoga Informasi ini bermanfaat dan dimengerti ya....

Comments